JOKOROWOTLOGOREJO
|
Ketentuan | DMCA | Partner
Headlines News :
Home » » Alqur`an Firman Allah Swt

Alqur`an Firman Allah Swt

Written By JokoRowoTlogoRejo on 6/12/2012 | 6:21 PTG


Keistimewaan Al-Qur'an 
Salah satu sarana paling penting untuk mengetahui lebih jauh tentang seorang Rasul Alloh adalah melalui kitab suci yang dibawanya. Kitab suci adalah firman Alloh Swt. yang diwahyukan kepada para RasulNya. Nabi Muhammad Saw. sebagai Rasul akhir zaman dibekali dengan kitab suci yang paling lengkap dan sempurna yaitu Al-Qur'an yang mulia. 
Bagi rasul akhir zaman yaitu Nabi Muhammad Saw, Al-Qur'an  merupakan  mu'jizat yang paling besar, karena kitab suci Al-Qur'an ini akan dapat disaksikan oleh seluruh ummat manusia sampai akhir zaman nanti. Al-Qur'an sebagai bukti yang sangat jelas tentang kebenaran risalah yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw.  Isi Al-Qur'an begitu lengkap dan sempurna, terpelihara sepanjang zaman, serta selalu mampu menjawab tantangan zaman. 
Semua itu menambah keyakinan kita bahwa Al-Qur'an adalah benar-benar wahyu Alloh, dan tak ada keraguan padanya sedikitpun, karena kalau seandainya Al-Qur'an itu karangan manusia tentu dia tak akan mampu bertahan sampai di zaman kita saat ini. Pasti ayat-ayatnya akan banyak yang ketinggalan zaman sehingga perlu diperbaharui lagi. 
  Berikut ini penulis ingin menyajikan beberapa hal terkait isi Al-Qur'an yang sampai saat ini menyebabkan para peneliti Al-Qur'an berdecak kagum karenanya, baik peneliti yang beragama Islam maupun para peneliti non muslim seperti para orientalist barat. Hal-hal yang penulis maksudkan antara lain adalah  :
A.  Kemu'jizatan Al-Qur'an.     
     1.   Tantangan dalam Al-Qur'an
Adanya tantangan yang sangat jelas dalam Al-Qur'an yang ditujukan kepada seluruh ummat manusia sejak 15 abad yang lalu, khususnya terhadap mereka yang ragu atau tidak percaya terhadap kerisalahan Al-Qur'an. Ternyata sampai detik ini tak ada seorangpun yang berhasil menjawabnya. Dengan suara yang lantang dan jelas tanpa ragu sedikitpun, Al-Qur'an menyatakan dalam Surat Al-Baqarah ayat 23 yang artinya  : "Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al-Qur'an yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), maka buatlah satu surat (saja) yang semisal Al-Qur'an itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Alloh, jika kamu orang-orang yang benar".Tak ada sebuah bukupun  dalam sejarah ummat manusia  yang berani  melancarkan tantangan  begitu jelas dan tegas seperti Al-Qur'an ini. Dan ternyata memang benar sampai saat ini tak ada seorang pengarang pun yang mampu meladeni tantangan Al-Qur'an ini.  

2. Ramalan dalam Al-Qur'an.
   Dalam Surat Ar-ruum ayat 1 - 6 Alloh Swt. berfirman yang artinya  : "
1.  Alif laam Miim
2.  Telah dikalahkan bangsa Rumawi
3.  Di negeri yang terdekat dan mereka sesudah dikalahkan itu akan menang
4.  Dalam beberapa tahun lagi. bagi Allah-lah urusan sebelum dan sesudah (mereka menang). dan di hari (kemenangan    
     bangsa Rumawi) itu bergembiralah orang-orang yang beriman,
5.  Karena pertolongan Allah. dia menolong siapa yang dikehendakiNya. dan dialah Maha Perkasa lagi Penyayang.
6.  (sebagai) janji yang Sebenarnya dari Allah. Allah tidak akan menyalahi janjinya, tetapi kebanyakan manusia tidak              
     mengetahui.
Dalam ayat ini Alloh menjelaskan tentang kekalahan bangsa Romawi oleh bangsa Persia. Namun disebutkan bahwa dalam beberapa tahun lagi bangsa Romawi akan menang terhadap bangsa Persia. Dan hal ini telah menjadi kenyataan, bahwa kurang lebih 11 tahun setelah ayat ini turun kemenangan bangsa Romawi dari bangsa Persia menjadi kenyataan.
Ketika mengomentari ayat ini seorang orientalist barat Edward Gibbon  berkata  : "Dimasa itu, pada waktu Al-Qur'an meramalkan dengan ramalan yang terdapat dalam ayat-ayat tersebut, tidak ada ramalan yang terjadi lebih jauh dari ramalan tersebut. Sesungguhnya dua belas tahun yang pertama dari pemerintahan Heraklius merupakan hal yang memungkinkan  berakhirnya kekaisaran Romawi".
Edward Gibbon sangat terkesima dengan ketepatan ramalan Al-Qur'an, tetapi bagi kita kaum muslimin tak perlu kagum karena ramalan ini memang dari Alloh pencipta alam semesta . Dialah yang mengatur seluruh alam semesta dengan segala isinya. Dialah yang menjadi "sutradara" dari seluruh kejadian di alam semesta ini, sehingga apapun yang Dia firmankan sesungguhnya benar adanya.

Editing Post Oleh:
Share this post :
Artikel Terkait:

Catat Ulasan

Jokorowotlogorejo.com merupakan blog Sharing dan Informasi online Dunia Maya Terkini,Dari Bojonegoro Untuk Indonesia,Jika ada salah silahkan beri kritikan, Anda juga diperbolehkan untuk berkomentar yang tentunya tidak menyinggung SARA.