Home » , » Aplikasi Manajemen Kelas Gratis untuk Guru

Aplikasi Manajemen Kelas Gratis untuk Guru

Written By JokoRowoTlogoRejo on Khamis, 4 Oktober 2012 | 10:01 PG

Hallo Sahabat ! Bakalan-Tlogorejo-City --->> Apa Kabar...? Kali Ini Saya Akan Berbagi Dengan Sahabat Blogger Dan Pembaca Setia....Mengenai  Aplikasi Manajemen Kelas Gratis untuk Guru>> Aplikasi Manajemen Kelas Gratis untuk Guru

Kemajuan teknologi memungkinkan integrasi teknologi informasi di segala bidang, termasuk pendidikan. Beberapa sekolah mungkin sudah menerapkan suatu sistem dimana siswa, guru, dan orang tua/wali murid terhubung dalam wadah online. Manfaat wadah semacam ini adalah agar orang tua bisa memantau siswanya, terkait daftar hadir, nilai, serta pelajaran siswa. Siswa juga bisa memetik keuntungan yaitu dengan interaksi langsung secara online dengan guru apabila sedang berada di rumah, kemudian bisa mendownload berbagai materi pelajaran yang mungkin disampaikan secara online. Beberapa sekolah unggulan menggunakan sistem server serta aplikasi berbayar untuk menjalankan fasilitas semacam itu. Tapi kalau misalnya kamu sekarang tengah memulai bisnis pendidikan, atau minimal sebuah kursus untuk pelajar, maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi manajemen kelas yang memungkinkan interaksi antara guru, orang tua, dan siswa, yaitu Learn Boost.

LearnBoost adalah aplikasi sistem manajemen kelas online yang terdiri dari sekelompok aplikasi untuk memanajemen kelas khusus atau bahkan seluruh sekolah. Aplikasi ini memungkinkan kamu mengatur buku nilai, rencana pembelajaran, pengaturan kelas, tempat duduk siswa, jadwal, dan absensi. LearnBoost utamanya dirancang untuk guru, dimana selanjutnya orang tua dan murid bisa terlibat mengakses aplikasi ini. Dengan adanya sistem manajemen pendidikan online, maka siswa akan bisa mengevaluasi dirinya, orang tua juga bisa mengawasi kegiatan kursus atau sekolah harian dari anak-anaknya. Learn Boost sangat mudah digunakan dan memiliki fitur yang banyak, bahkan bisa juga terintegrasi ke perangkat teknologi seperti tablet atau smartphone.

Untuk bisa masuk, kamu terlebih dahulu harus mendaftar, dan ini bisa dilakukan dengan gratis atau menggunakan akun Facebook dan Google kamu. Saat proses registrasi, web aplikasi ini akan menanyakan jenis akun kamu, guru (Teacher), siswa (Student), atau orang tua (Parent). Setelah mendaftar, maka kamu bisa mengatur informasi spesifik seperti nama kelas (class name), mata pelajaran yang diajarkan (subject), nomor mata pelajaran (course number), school session (semester), mulai dan berakhirnya tahun ajaran atau kursus (start and end date), tingkat (grade level), jumlah siswa maksimum (maximum number of students) dan deskripsi singkat lainnya. Informasi ini bisa diedit oleh guru kapan saja. Guru juga bisa menampilkan portofolio diri, membuat materi pelajaran, atau menambahkan even tertentu ke kalender pendidikan. Sekali lagi PG mengingatkan bahwa aplikasi ini baru terasa manfaatnya bila kamu guru yang ingin melakukan manajemen online, atau pemilik kursus tertentu.
Kalau kamu sudah membuat kelas, maka akan hadir empat tab utama yaitu Administrasi (Administration)Buku nilai (Gradebook)daftar absen (Attendance) dan rapor (Reporting). Di Tab Administrator, guru bisa melihat dan mengedit info kelas dasar, peserta kelas (class roster), rencana posisi bangku (seating plan), jadwal (schedule) dan kebijakan (policy). Kamu juga bisa memilih informasi apa yang bisa diakses siswa dan orang tua.
Learn Boost: Aplikasi Manajemen Kelas Gratis untuk Guru
Tab Buku nilai (Gradebook) memungkinkan guru untuk memasukkan nilai tugas-tugas siswa dan kuis secara terpisah, serta secara otomatis menghitung nilai akhir siswa dengan rumus tertentu. Rumus untuk menghitung bisa diedit berdasarkan kebijakan sekolah.
Learn Boost: Aplikasi Manajemen Kelas Gratis untuk Guru
Bagian daftar hadir (Attendance), sebagaimana namanya, bisa digunakan oleh guru untuk mendaftar kehadiran siswa. Yang unik dalam menu daftar hadir ini adalah daftar hadir konvensional yang menunjukkan nama-nama siswa berdasarkan tempat duduknya, sehingga memungkinkan guru mudah menandai siswa yang absen atau tidak hadir.
Learn Boost: Aplikasi Manajemen Kelas Gratis untuk Guru
Tab Rapor (Reporting) menyajikan representasi grafis dari semua statistik nilai dan kehadiran, sehingga memungkinkan guru menilai tingkat disiplin dan kemajuan akademik untuk seluruh kelas atau siswa secara individu.

Kamu bisa mengunjungi learnboost di:
Web aplikasi ini akan sangat bermanfaat untuk guru-guru yang ingin menetapkan sistem manajemen online dan kontrol online untuk kelasnya. Kelemahannya, ketika PG mencoba, akses nampak semakin berat ketika semakin banyak fitur digunakan. Tapi hal tersebut bisa dimaklumi karena aplikasi ini gratis. Hiks. Mungkin bila kamu ingin terjun ke bisnis kursus untuk pelajar dan anak-anak, kamu bisa mencoba menggunakan web aplikasi ini.
Share this article :

0 komentar:

Catat Ulasan

Sign up here with your email.

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2014. Jokorowotlogorejo™ - All Rights Reserved
Redesainer by JokoRowoTlogoRejo Template Desainer by Creating Website
Proudly powered by Blogger